Alat Pengukur PH Tanah di Pekanbaru | Riau | Sumbar | Jambi | Medan | Aceh



Alat ukur ph tanah berfungsi utama untuk mengukur kandungan pH tanah, yaitu tingkat basa dan keasamman dalam tanah. alat ini banyak diaplikasikan di bidang Pertanian danPerkebunan sebagai identifikasi tingkat kesuburan tanah dengan unsur hara yang mudah diserap dan nutrisi lainnya :



Pengaruh pH tanah terhadap pertumbuhan tanaman:
  1. Menentukan mudah tidaknya ion-ion unsur hara diserap oleh tanaman. Pada umumnya unsur hara akan mudah diserap tanaman pada pH 6-7, karena pada pH tersebut sebagian besar unsur hara akan mudah larut dalam air.
  2. Derajat pH dalam tanah juga menunjukkan keberadaan unsur-unsur yang bersifat racun bagi tanaman. Jika tanah masam akan banyak ditemukan unsur alumunium (Al) yang selain meracuni tanaman juga mengikat phosphor sehingga tidak bisa diserap tanaman. Selain itu pada tanah masam juga terlalu banyak unsur mikro yang bisa meracuni tanaman. Sedangkan pada tanah basa banyak ditemukan unsur Na (Natrium) dan Mo (Molibdenum)
  3. Kondisi pH tanah juga menentukan perkembangan mikroorganisme dalam tanah. Pada pH 5,5 – 7 jamur dan bakteri pengurai bahan organik akan tumbuh dengan baik. Demikian juga mikroorganisme yang menguntungkan bagi akar tanaman juga akan berkembang dengan baik.

Banyak macam alat untuk mengetahui kadar pH dalam tanah baik dengan cara sederhana maupun modern, ada yang menggunakan metode kertas lakmus dan ada yang menggunakan metode alat.
tentunya metode menggunakan alat ukur lebih praktis dan lebih efisien dalam pengukuran pH secara akurat.
Ada dua macam alat ukur pH tanah atau bahasa gaulnya "Soil pH meter" yaitu dengan penunjuk digital atau analog pada dasarnya prinsip yang digunakan sama tetapi penyampaian hasil yang berbeda, jika kita menggunakan alat analog kita hanya disajikan angka dan gerak jarum dengan tingkat keakurasian yang bisa dibilang tergantung pada yang baca, karena memang dengan metode jaum kita harus pandai dalam memperkirakan, beda dengan digital dimana penyampaian hasil ukur langsung terpampang dengan jelas dengan akurasi yang lebih tinggi.



WhatsApp : 0822-8393-9606
Instagram  : Pasar Bertuah
Website     : www.Pasarbertuah.com

Related product you might see:

Share this product :

+ komentar + 6 komentar

19 Maret 2018 pukul 23.28

Pak kalo beli untuk di jual lagi ada gak harga grosir nya

19 Maret 2019 pukul 07.07

Ada

11 Juni 2019 pukul 20.18

Pak kalau offline store nya ada nggak pak yg bisa di datengin langsung di pekanbaru?

9 September 2019 pukul 22.53

ada

8 September 2020 pukul 03.14

Berapa pak harga grosir

8 September 2020 pukul 03.14

Berapa pak harga grosir

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. Pasar Riau Online - All Rights Reserved
By Disgn Rumah IT Pekanbaru Published by Pasar Bertuah